Sadarkah, Sob kalau kita dapat lebih mudah mengingat sebuah produk/jasa dari simbol, warna, logo ataupun slogannya kan? Yup, hal inilah yang disebut dengan branding dan pelaku usaha tersebut bisa dikatakan sedang membangun brand awareness kepada konsumennya. Maka pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana media sosial memiliki peran terhadap brand awareness.

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness atau yang dikenal dengan kesadaran merek dalam bahasa Indonesia, Nulungan artikan sebagai kemampuan dimana sebuah brand dapat muncul pada benak konsumen. Kesadaran akan suatu merek bisa timbul dari image yang melekat pada suatu brand, melalui warna, simbol, logo, slogan, nama ataupun fitur-fitur pembeda yang cukup yang membuat konsumen memilih menggunakan brand tersebut.

Brand awareness perlu sekali diciptakan karena salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan suatu pembelian bahkan menjadi loyal terhadap brand tersebut.

Demi meningkatkan awareness terhadap suatu produk atau jasa, hal lain yang tak boleh dilewatkan oleh pelaku usaha adalah pentingnya mempelajari perilaku konsumen yang akan berpengaruh kepada pengembangan strategi promosi, penjualan, serta kegiatan usaha secara keseluruhan. 

Hubungan Brand Awareness dengan Media Sosial

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kini eksistensi di jejaring media sosial untuk bisnis hingga individu begitu penting. Hal ini dilakukan demi branding yang merupakan salah satu investasi terbaik demi menggapai kesuksesan dari suatu corporate/personal brand.

Untuk melihat aksi dan reaksi dari konsumen terhadap suatu brand, kini media sosial menjadi platform yang tepat untuk digunakan. Paltform ini begitu powerful, karena sebuah branding bisa lebih cepat disadari melalu penyebaran informasi di media sosial. Bahkan platform ini juga menyediakan fitur dan sarana periklanan, serta banyaknya kehadiran influencer yang terbukti mampu menambah engagement pengetahuan sebuah brand dari produk atau jasa.

Kelebihan lain dari platform ini adalah pelaku usaha bisa lebih mudah berinterakai langsung dengan konsumen. Fakta pengguna media sosial yang terus meningkat juga menjadi keuntungan tersendiri untuk mendapatkan konsumen baru yang lebih banyak.

Selain itu, meningkatkan brand awareness menggunakan media sosial juga tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan banyak yang tersedia secara cuma-cuma alias gratis lho Sob, tapi jangan lupa untuk tetap bijak dalam menggunakan media sosial agar tujuan dari brand awareness usahamu tercapai.

Berikut strategi yang bisa kamu gunakan nih Sob, untuk meningkatkan brand awareness melalui media sosial:

  1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Untuk memastikan brand awareness yang dilakukan berjalan efektif, maka cukup gunakan salah satu platform media sosial yang sering digunakan oleh target konsumen atau klien kamu. Lakukanlah riset pasar, trend terkini, dan karakter dari target konsumen atau klienmu agar brand kamu menjadi pilihan mereka.

  1. Sajikan Konten yang Sesuai

Konten dan media sosial memang tak bisa dipisahkan. Menerapkan strategi pemasaran menggunakan konten merupakan cara jitu untuk membuat konsumen aware terhadap brandmu. Konten yang disajikan tentu harus informatif, bermanfaat, berciri khas serta eksklusif. Jangan menghadirkan konten yang kurang berbobot karena itu bisa mengurangi minat target konsumen atau klienmu. Terbitkan konten yang berpotensi mendorong seseorang untuk menyebarluaskan kepada orang lain. Beragam konten yang bisa kamu pilih, mulai dari teks, gambar, suara, maupun video.

  1. Mengadakan Event atau Agenda

Interaksi bersama target konsumen atau klienmu bisa dibangun melalui kegiatan seru di social media brandmu lho, Sob. Mengadakan event seperti Diskon, Giveaway, Lomba atau Kontes, hingga Kelas Online bisa menjadikan cara brand awarenessmu berkesan. Melakukan kerjasama dengan partner yang berpengaruh pada event yang dibuat juga bisa menghadirkan keuntungan tersendiri, karena akan banyak pengikutnya yang akhirnya menaruh kepercayaan atau paling tidak mengingat brandmu.

Sudah siap menyusun strategi agar brandmu semakin dikenal? Yuk semangat untuk terus menghadirkan versi terkeren dari brandmu, Sob. 

Baca juga :

https://nulunganstudio.com/blog/media-sosial-terbaik-untuk-personal-brand/